Kumpulan Tutorial Dan Tips

Tips Membeli Smartphone Bekas Berkualitas

Tips membeli smartphone android bekas berkualitas 

Anda berencana untuk membeli smartphone android bekas? kali ini tips dari gilatutorial akan memberikan panduan seputar tata-cara dan tips pintar untuk membeli smartphone android bekas murah dan tentunya yang berkualitas.

Oke tanpa basa-basi kita langsung saja ke inti permasalahannya.

paduan membeli smartphone android bekas terbaik1. Jangan Terburu-buru 

Pada umumnya belum tentu kualitas smartphone bekas yang ingin anda beli secara terburu-buru tanpa melakukan riset pasar terlebih dahulu dan lain sebagainya tentu tidak sebagus ketika anda melakukan riset pasar dan menggali informasi secara detail jika anda ingin mendapatkan smartphone bekas yang bagus serta puas dalam pemakaiannya. Masalah harga tentu dapat berbeda-beda karena dipengaruhi oleh kondisi smartphone tersebut. Intinya ketika anda mendapatkan tawaran membeli smartphone android bekas dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasaran maka sebaik nya anda mengecek dahulu kondisi fisik smartphone tersebut dan tahun produksinya.

2. Melakukan Riset Pasar atau Membandingkan Harga Pasaran 

Nah jika anda mengikuti saran diatas maka yang harus anda lakukan adalah melakukan riset pasar dan membandingkan harga pasaran smartphone yang nantinya akan menjadi target anda. Dimulai dari merek, spesifikasi, dan harganya. untuk mempermudah anda dalam pengecekan tersebut anda hanya perlu browsing ataupun membeli sebuah majalah yang memuat spesifikasi tentang smartphone yang anda targetkan tadi. Sebaiknya anda mempunyai 3 target smartphone yang nantinya jika target utama tidak ketemu dan tidak sesuai harapan maka setidaknya ada pilihan ke dua dan ketiga.

3. Periksa Kelengkapan

Selanjutnya adalah mengecek kelengkapan dari perangkat smartphone yang telah anda targetkan. Perlengkapan standar harus anda utamakan seperti charger, kabel HDMI/USB, headset, Dosbook dan perlengkapan lainnya. Anda berhak menawar dengan harga yang lebih murah apabila salah satu kelengkapan diantaranya hilang atau rusak.

Sebaiknya anda tanyakan ataupun untuk memeriksa garansi smartphone tersebut apakah masih ada atau tidak berlaku lagi. Kenapa demikian, jika garansi sudah tidak berlaku lagi maka ada dua kemungkinan yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan anda kedepan.

Pertama - bisa jadi kartu garansi tersebut sudah tidak berlaku lagi karena sang pemilik sebelumnya pernah membongkar perangkat android yang ingin anda beli di luar dealer resminya
.
Kedua - garansi sudah tidak berlaku dikarenakan masa aktif garansi sudah habis atau kadarluwarsa " kayak makanan ajah yaaaa..." ha ha ha. Nah disini anda sudah dapat memperkirakan masa pemakaian hp tersebut sudah berapa tahun.


Ingat !! Ketersediaan dan masa berlaku garansi dapat mempengaruhi harga yang akan ditawarkan dan jangan sampai ada yang tertinggal kelengkapan tersebut agar nantinya anda dapat mengoptimalkan smartphone android anda dengan sebaik-baiknya.

4. Periksa Nomor Imei

Pastikan nomor imei pada perangkat smrtphone android anda sama dengan nomor imei di kardus kemasan penjualan. Untuk jelasnya anda bisa memeriksa sticker nomor imei tertempel tepat dibagian dibelakang baterai smartphone anda, atau menekan *#06# lalu call atau yes.
Selanjutnya...

5. Periksa Kondisi Fisik Smartphone

Salah satu kualitas smartphone android bekas terbaik adalah tidak adanya cacat pada kondisi fisik smartphone tersebut seperti body tidak ada goresan, baterai, speakerphone, camera, label dan stiker hologram dibagian belakang HP ( memastikan bahwa HP sudah pernah diservis atau belum) dan Tidak hang ketika membuka aplikasi secara bersamaan.

Jika pada bagian baterai mengalami penggembungan ataupun baterai tidak lagi sempurna lebih baik anda bisa meminta untuk digantikan dengan baterai yang baru yang original ataupun  yang No.2. Baterai yang sudah soak pasti akan cepat habis.

Ingat kondisi fisik bisa sangat mempengaruhi harga smartphone tersebut, semakin banyak cacat yang ada maka dapat membuat harganya menjadi semakin murah.

6. Cek Panggilan dan Sensor

Cobalah anda gunakan smartphone anda untuk mengecek panggilan masuk dan keluar, pastikan suara dapat terdengar dengan jelas. Pastikan speaker bekerja dengan optimal pada suara minimum ataupun maksimum.

Cek sensor layar sentuh pada touchscreen smartphone android anda, apakah sensor masih merespon dengan baik dan optimal.

7. Periksa Kelengkapan Fitur dan Software

Pada sebuah smartphone android diharuskan bagi anda untuk memeriksa kondisi hardware dan softwarenya seperti memeriksa apakah fitur dan software yang terdapat pada android tersebut masih berjalan lancar dan baik, jika semuanya masih bekerja maka smartphone yang anda target kan untuk anda beli sudah tentu kondisi nya masih prima dan bagus.

8. Negosiasi Harga

Pada tahap negosiasi harga saya sarankan untuk tidak terlalu menurunkan harga yang telah ditentukan oleh penjual namun harga yang akan anda minta sebaiknya tidak jauh dari harga yang telah ditentukan. Tetap lembut dan sabar, jika perlu pakai rayuan maut anda.

Sekian Tips Membeli Smartphone Android Bekas Berkualitas. Semoga Informasi ini bisa menambah referensi anda kedepan untuk membeli HP Bekas.



0 Komentar untuk "Tips Membeli Smartphone Bekas Berkualitas"

Back To Top